Detil Berita

research
  • 14 Feb 2023

Pelaksanaan Upacara Bendera di SMK Kristen Anak Panah Nabire

Senin pagi di SMK Kristen Anak Panah Nabire, selalu menjadi agenda rutin untuk melaksanakan upacara bendera. Upacara ini merupakan cara sederhana untuk menghormati jasa para pahlawan. Para siswa berbaris sekaligus melatih kedisiplinan dalam waktu kurang lebih 30 menit berdiri secara hikmah mengikuti setiap susunan upacara.

 

Upacara ini dijadwalkan secara bergantian tiap minggunya. Sebagai persiapan, setiap hari Sabtu kelas yang menjadi petugas upacara akan melaksanakan gladi resik yang didampingi oleh kesiswaan atau wali kelas. Pembina upacara yang dipercayakan oleh manajemen sekolah mulai dari Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru Mata Pelajaran.

 

Lebih dari sekedar kedisiplinan, melalui upacara bendera diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme pada para siswa/siswi SMK Kristen Anak Panah Nabire. Dengan menumbuhkan semangat cinta tanah air, diharapkan para siswa akan tertanam rasa cinta dan hormat terhadap negara dan bangsa. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi penerus bangsa.

 

Upacara bendera ini juga diselenggarakan untuk mengingatkan para siswa akan rasa tanggung jawabnya terhadap bangsa dan negara. Dengan menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi, diharapkan para siswa dapat menjadi generasi yang berkontribusi positif terhadap perkembangan dan masa depan bangsa khususnya masa depan Papua.

Nabire, 14 Feb 2023